fbpx

Bagaimana Cara Menciptakan Autoblog di WordPress?

Autoblog adalah situs WordPress yang diotomatisasi dan menarik konten dari sumber lain serta menerbitkannya. Kali ini kita akan mencari tahu bagaimana menciptakan autoblog di WordPress.

Apa yang dimaksud autoblog pada WordPress?

Autoblog atau blog otomatis adalah website yang secara otomatis menarik konten dari website lain menggunakan RSS feeds. Meski istilah ini terkait dengan blog spam, tapi ada banyak keuntungan dari penggunaan tool autoblog.

Misalnya, autoblog bisa digunakan untuk menciptakan website yang mengumpulkan berita di topik spesifik dan lalu menghadirkannya di satu tempat. Autoblog bisa juga digunakan intranet perusahaan dan website pribadi.

Sekarang mari kita lihat cara menciptakan autoblog di WordPress.

Menciptakan autoblog di WordPress

Yang pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WP RSS Aggregator.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan addon, kunjungi RSS Aggregator » Add New untuk menambahkan sumber feed baru.

Photo credit: Google

Pertama Anda perlu sediakan sumber judul, dan lalu URL RSS feed.

Selanjutnya Anda perlu gulung ke bawah ke bagian Feed to Post. Di sini Anda perlu memilih post type untuk item yang diimpor.

Photo credit: Google

Secara default, plugin akan mengimpor postingan sebagai draft. Bila Anda mau, Anda bisa mengubahnya menjadi diterbitkan.

Jangan lupa mencentang kotak di sebelah Force full content. Dengan memilih ini, berarti Anda menerbitkan teks secara utuh.

Selanjutnya Anda perlu atur bagian Feed to post-images. Di bagian ini Anda mengatur bagaimana autoblog akan menerima gambar.

Photo credit: Google

Anda bisa secara otomatis mengimpor gambar dari sumber feed dan menyimpannya di media library WordPress. Atau Anda bisa juga mengambil gambar pertama di konten dan menggunakannya sebagai featured image. Anda perlu atur pilihan ini agar sesuai dengan keinginan.

Anda bisa gunakan filter kata kunci untuk mengimport konten yang cocok dengan kata kunci atau tag tertentu. Anda bisa juga tambahkan konten custom sebelum atau setelah sumber artikel.

Klik pada tombol Publish Feed bila Anda telah selesai.

Sekarang Anda bisa kunjungi bagian postingan, dan Anda akan melihat item yang diimpor ke situs WordPress Anda.

Ulangi prosesnya untuk menambahkan sumber feed bila Anda membutuhkannya.

Anda bisa cek status feed dengan mengunjungi RSS Aggregator » Feed Sources.

Photo credit: Google

Cara menambahkan banyak sumber feed dengan cepat untuk autoblog

Menambahkan satu per satu sumber feed dan mengkonfigurasinya bisa jadi tugas yang memakan waktu. Berikut ini cara Anda bisa dengan cepat menambahkan banyak feed sekaligus menggunakan pengaturan yang sama.

Photo credit: Google

Masuk ke RSS Aggregator » Settings dan klik pada tab Feed to Post. Di sini Anda bisa mengkonfigurasi pengaturan default untuk feed untuk menerbitkan addon.

Pengaturan ini bisa diterapkan pada semua sumber feed yang Anda tambahkan di tahap selanjutnya.

Kemudian, Anda perlu kunjungi RSS Aggregator » Import & Export. Di bawah kotak import, Anda perlu tambahkan nama dan URL sumber feed.

Pisahkan nama dan feed URL dengan koma dan spasi. Tambahkan satu sumber pada tiap garis.

Photo credit: Google

Setelah itu klik pada tombol bulk import untuk dengan cepat menambahkan semua sumber feed ke autoblog WordPress Anda.

Bila Anda menciptakan autoblog untuk publik, jangan mengambil konten atau gambar penuh karena Anda akan dituduh melakukan pelanggaran copyright.

Penggunaan autoblog terbaik adalah ketika digunakan di dalam intranet perusahaan. Bila Anda menciptakan situs berita, maka buat kesimpulan dan buat link ke sumber asli untuk artikel penuhnya.

Plugin untuk autoblog WordPress

WordPress menyediakan pilihan mudah untuk menciptakan situs autoblog dengan bantuan beberapa plugin autoblog untuk membantu Anda menerima konten segar secara teratur untuk situs Anda.

Plugin ini akan membuat situs Anda tetap segar dengan konten baru dan pengguna merasa senang dengan menawarkan mereka hal yang baru tiap kali mereka mengunjungi situs.

WP Robot Autoblog Plugin

Photo credit: Google

WP Robot merupakan plugin autoblog yang bagus yang akan membantu Anda menciptakan situs kurasi konten berkualitas dalam hanya beberapa menit.

Anda bisa gunakan plugin ini dengan tema WordPress mana saja agar Anda bisa memastikan tampilan situs dan membuatnya terlihat moderen dan menarik.

Plugin ini menawarkan banyak fleksibilitas terkait bagaimana Anda ingin plugin menemukan konten serta memilih konten bergantung niche atau keyword.

Bagian terbaik lainnya pada plugin ini adalah bisa memasukkan link afiliasi dari eBay, Amazon, dan sumber afiliasi lain secara otomatis ke dalam postingan. Jadi dengan plugin ini, Anda bisa menghasilkan uang di pengaturan autopilot.

WP RSS Aggregator

Photo credit: Google

WP RSS Aggregator merupakan plugin yang populer, komprehensif, efektif, dan mudah digunakan.

WP RSS Aggregator bisa menampilkan postingan dari banyak sumber yang akan membantu Anda membuat situs tetap update dengan semua konten baru. Ini jadi cara bagus untuk menciptakan platform dengan niche berita dimana pengguna bisa menemukan artikel dari banyak situs di niche yang sama di satu tempat.

Plugin ini menawarkan Anda sejumlah pilihan penyesuaian untuk menata feed berdasarkan kebutuhan. Anda bisa atur waktu interval feed import, Anda bisa menampilkan sumber dan tanggal feed atau tidak, Anda bisa atur link untuk membuka jendela baru untuk menurunkan bounce rate, dan banyak lagi.

FeedWordPress

Photo credit: Google

FeedWordPress adalah plugin efektif lainnya untuk WordPress yang akan membantu Anda menciptakan situs autoblog dengan mudah.

FeedWordPress merupakan salah satu plugin paling populer dan terbukti menguntungkan untuk periode yang lama. Konten ini muncul sebagai kumpulan postingan spesial di database postingan WordPress Anda.

Setelah Anda mengatur feed, Anda bisa klik tombol update untuk menarik feed yang Anda otomatisasi sesuai keinginan.

Plugin ini dilengkapi pengaturan yang Anda bisa gunakan untuk mengatur bagaimana Anda menarik feed dan link. Anda bisa memposting sumber atau Anda bisa buat pengguna memberi komentar pada postingan itu. Semua postingan memiliki kategori dan berubah menjadi tag, dan bila ada yang baru pada sistem, akan tercipta tag baru.

Youtubomatic

Photo credit: Google

Bila Anda seorang video blogger, plugin ini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Dengan plugin ini Anda bisa mengimpor postingan dari YouTube ke WordPress, dan WordPress ke YouTube dengan mudah dan otomatis. Plugin ini menggunakan native API YouTube untuk memposting video di blog WordPress Anda secara otomatis.

Youtubomatic adalah plugin komprehensif yang punya banyak fitur. Anda bisa mencari video dengan banyak parameter berbeda untuk memastikan Anda bisa dengan mudah memfilter jenis video yang Anda cari.

Dengan plugin ini, Anda bisa mengimpor komentar langsung dari situs YouTube yang akan memastikan situs Anda terlihat menarik. Bila Anda berencana menciptakan situs video konten viral, plugin ini akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar