fbpx

Website Anda Mudah di Hack? Mungkin Ini Alasannya

Teruskan membaca…

Ya, dengan mengetahui penyebab terjadinya hacker bisa membobol website Anda, akan menjadi modal cara mengatasi hacker yang ingin berbuat jahat terhadap website Anda kedepannya.

Pengertian Hack

pengertian hack

Hack atau peretasan adalah istilah yang sering kali dinilai negatif, karena berkaitan dengan pembobolan sistem keamanan dengan cara yang unik.

Hacking sendiri merupakan kegiatan meretas sistem baik software atau hardware dengan menggunakan sistem back door.

Baca juga: Cara Mengatasi Situs WordPress Yang Terkena Hack

Menurut Lyna Griffin dalam study.com hacking adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu, organisasi, atau negara untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer dan sistem yang bergantung pada teknologi.

Aktivitas hacking dapat melibatkan modifikasi atau perubahan pada software atau hardware untuk melakukan aktivitas yang tidak dimaksudkan oleh penciptanya.

Apa itu Hacker?

apa itu hacker

Sebutan hacker pertama kali muncul sekitar tahun 1950. Sebutan tersebut digunakan untuk mendeskripsikan mereka yang bekerja dengan komputer, mengeksplorasi berbagai macam detail dan menguji teknologi dari berbagai sudut.

Deskripsi tentang hacking atau hackers lebih banyak mengarah kepada hal-hal yang negatif. Tapi sebetulnya tidak semua hackers melakukan aktivitas hacking yang merugikan.

Baca juga: Tanda Situs WordPress Anda Terkena Hack

Justru sebenarnya hacker itu adalah orang yang ditugaskan dan dibayar untuk menguji suatu sistem keamanan perangkat lunak agar bisa ditemukan bug sebelum dirilis ke publik.

Justru hacker yang berbuat jahat itu disebut dengan cracker, namun masyarakat sudah terlanjur menganggap kedua hal ini sama saja.

Di Indonesia sendiri ada seorang hacker yang masuk dalam daftar 10 hacker paling disegani di dunia yaitu Jim Geovedi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hacker Jahat

penyebab dan cara mengatasi website di hack

Meski dunia pada zaman ini serba canggih karena mengandalkan teknologi terbaru, namun ternyata risiko bahaya yang ada juga semakin rumit untuk dikendalikan.

Salah satunya adalah jenis ancaman digital yang ada pada zaman ini seperti ancaman hacker pada website.

Nah, misalkan Anda adalah pemilik website yang terkena jebakan hacker?

Kira-kira apa saja yang perlu Anda lakukan?

Apa alasan website mudah di hack?

Pemilihan Username dan Password

Alasan pertama mengapa sebuah website mudah sekali dihack adalah karena pemilihan username dan juga password yang masih dianggap terlalu lemah.

Mengapa demikian?

Ya, teryata pemilihan password dan username merupakan hal krusial yang tidak bisa dianggap sepele menyangkut dengan keamanan website itu sendiri.

Baca juga: Cara Mengubah Password di WordPress

Anda perlu menghindari penggunaan password atau username yang terlalu umum seperti ‘admin’ pada username atau ‘1234’ pada password.

Kombinasikan password dan username serumit mungkin dan tentunya harus selalu Anda ingat dengan baik.

Kalau bisa, password dan username dikombinasikan dengan angka, huruf atau juga simbol yang memungkinkan Anda untuk memiliki password dan username yang tidak mudah ditebak.

Baca juga : Hosting terbaik anti hacking dengan kelebihan gratis SSL di: https://www.domainesia.com/hosting/

Penggunaan Antivirus yang Tidak Maksimal

antivirus

Alasan website mudah di hack selanjutnya adalah penggunaan antivirus yang tidak maksimal.

Ya, antivirus merupakan komponen penting agar file yang terkait dengan website bisa terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk senantiasa memasang software antivirus tersebut.

Bahkan saat ini sudah terdapat beberapa antivirus yang bisa mengalahkan ancaman yang belum pernah dikenal sebelumnya. Canggih sekali, bukan?

Perlu Anda ketahui bahwa di dunia yang semakin canggih ini, segala macam kemungkinan ancaman juga terasa lebih canggih, namun kemudian solusi yang ada juga akan terus diperbarui dan tak kalah canggih sesuai dengan kondisi yang ada.

Jangan sampai ada backdoor yang terinfeksi pada salah satu file yang Anda upload ke website karena tidak adanya antivirus yang terpasang pada perangkat Anda.

Memiliki Server yang Buruk

server

Hal penting dalam memiliki dan mengelola sebuah website adalah pemilihan server VPS atau hosting.

Anda tentunya harus sangat berhati-hati dalam melakukan pemilihan server website yang tepat. Jangan sampai Anda salah dalam mengambil keputusan dan memilih server dengan kualitas buruk.

Kalau dasar awal pembuatan servernya saja sudah meragukan, apakah Anda yakin tingkat keamanannya akan terjamin?

Jadi, tentu saja Anda harus memiliki teknologi terbaru yang bisa melakukan backup pada server, baik itu server VPS atau hosting untuk keamanan website Anda sendiri.

Itulah hal yang menjadi salah satu alasan website mudah di hack.

Kurangnya Kepedulian Developer pada Tingkat Keamanan

developer

Alasan website mudah di hack selanjutnya menyangkut dengan tingkat kepedulian developer pada keamanan website yang ia miliki.

Biasanya, para pengguna internet di Indonesia menganggap bahwa tingkat keamanan bukanlah satu-satunya hal krusial dalam pengelolaan website. Hal tersebut kemudian ancaman malware dan phishing yang semakin gencar.

Dalam pembuatan berbagai macam jenis akun di internet, keamanan merupakan salah satu hal krusial yang sangat penting yang tentunya wajib Anda pertimbangkan dan pedulikan.

Jadi, ayo tumbuhkan kesadaran untuk semakin peduli dengan tingkat keamanan website Anda di dunia maya.

Menggunakan Plugins dan Theme Bajakan

plugin dan theme wordpress

Penggunaan plugins dan juga theme bajakan merupakan salah satu alasan website mudah di hack oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya hal yang kerap terjadi adalah ketika seseorang menggunakan plugins dan juga theme bajakan karena mereka ingin menggunakan theme premium yang disediakan oleh situs web tidak resmi dan tidak terpercaya.

Siapa yang tahu jika kemudian theme premium ala kadarnya tersebut sudah diinject script backdoor?

Untuk itu, gunakanlah plugins dan theme premium yang asli yang bisa Anda dapatkan di berbagai hosting atau server WPS websiter terpercaya dan tentunya saja legal.

Jarang Melakukan Maintenance Website

web maintenance

Alasan website mudah di hack selanjutnya ialah karena jarangnya developer melakukan maintenance pada website.

Banyak developer yang menganggap bahwa langkah ini tidaklah begitu penting.

Namun, perlu diingat. Sebagai developer yang bertanggung jawab dan berdedikasi, maintenance pada website harus rajin dilakukan guna mengetahui fitur-fitur website yang perlu perbaikan demi kenyamanan para pengguna, sekaligus keamanan website Anda sendiri.

Terlalu Sering Menggunakan Public WiFi

free wifi publik

Apakah Anda seseorang yang sering menggunakan punlic WiFi untuk berselancar di Internet?

Jika iya, mungkin ada baiknya jika Anda harus lebih berhati-hati mulai dari sekarang.

Penggunaan Public WiFi yang terlalu sering akan mengakibatkan perangkat Anda lebih rentang terkena serangan malware atau phishing.

Pasalnya, setiap Anda memasukkan password dan username ke website atau akun tertentu, keduanya akan tercatat di logs.

Untuk itu, ayo mulai sering menggunakan jaringan pribadi ketika mengakses internet.

Terlebih jika yang sering Anda akses menyangkut dengan informasi akun pribadi atau kegiatan bisnis yang berkaitan dengan transaksi keuangan.

Itulah beberapa alasan website mudah di hack dan mudah terkena serangan virus.

Setelah mengetahui beberapa alasan di atas, diharapkan Anda lebih berhati-hati ketika mengelola sebuah website mengingat pentingnya tingkat keamanan yang tinggi dalam dunia maya.

Tinggalkan komentar