fbpx

Cara Menambahkan dan Menggunakan Widget di WordPress

Pengguna pemula sering bertanya, “Apa yang dimaksud widget?” dan “Bagaimana menggunakan widget di WordPress?” Widget memungkinkan Anda menambahkan fungsionalitas dan fitur berbeda ke sidebar WordPress tanpa menulis kode apapun.

Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang cara menambahkan dan menggunakan widget di WordPress serta membagikan contoh widget.

Apa yang dimaksud dengan widget?

Photo credit: Google

Widget merupakan blok kecil untuk fungsionalisasi yang bisa Anda tempatkan di sidebar WordPress (juga dikenal sebagai widget-ready-area). Untuk pemula, widget adalah cara mudah untuk menambahkan galeri, kutipan, postingan populer, kotak like Facebook, dan item dinamis lainnya di situs WordPress.

Widget bisa ditemukan pada halaman Appearance » Widgets pada admin area di WordPress.

Photo credit: Google

Anda akan melihat widget yang bisa Anda tambahkan di bawah daftar widget yang tersedia. Di sisi kanan, Anda akan temukan area pada situs WordPress dimana Anda bisa menempatkan widget ini. Area ini disebut sidebar atau widget-ready area.

Bila Anda tidak melihat widget spesifik yang Anda cari, maka kemungkinan bisa ditambahkan dengan plugin.

Menambahkan widget ke sidebar di WordPress

Ada banyak cara yang tersedia di tema WordPress untuk menambahkan widget ke sidebar. Cara paling mudah adalah dengan drag and drop pada sidebar. Anda bisa juga klik judul widget dari daftar widget yang tersedia. WordPress juga akan menunjukkan daftar sidebar dimana Anda bisa menambahkan widget ini.

Photo credit: Google

Cukup pilih sidebar dimana Anda ingin menambahkan widget, dan lalu klik tombol Add Widget untuk menambahkannya.

Photo credit: Google

Mode accessibility

Juga ada mode accessibility untuk pengguna yang membutuhkannya. Untuk mengaktifkan mode accessibility, Anda perlu klik tombol Screen Option pada sudut kanan atas layar. Ini akan menampilkan menu dengan link untuk mengaktifkan mode accessibility untuk layar widget. Klik untuk mengubah interface pengguna pada layar widget.

Tiap widget yang tersedia sekarang akan punya tombol “Add” yang simpel. Klik pada tombol untuk membawa Anda ke layar dimana Anda bisa dengan mudah memilih sidebar.

Photo credit: Google

Halaman widget bukan satu-satunya cara Anda bisa menambahkan widget ke situs WordPress. Anda juga bisa menambahkan widget menggunakan live preview dengan mengunjungi Appearance » Customize.

Photo credit: Google

Penting untuk diingat, tidak semua widget-ready area dan sidebar akan muncul di customizer. Ini kenapa sebaiknya Anda gunakan layar Appearance » Widgets untuk menambahkan widget di WordPress.

Photo credit: Google

Cara membuang widget di WordPress

Membuang widget di WordPress sama mudahnya dengan menambahkannya. Kunjungi halaman Appearance » Widgets. Cari widget yang Anda ingin buang di sidebar dan klik pada judul widget untuk memperluasnya.

Photo credit: Google

Di bawah pengaturan widget, Anda akan temukan link untuk menghapus widget. Menghapus widget akan membuangnya dari sidebar dan juga akan menghapus pengaturan widget seperti judul atau pilihan lain yang Anda pilih.

Beberapa widget terlalu sederhana dan tidak punya banyak pilihan pada pengaturannya sedang lainnya punya banyak pilihan dan pengaturan.

Photo credit: Google

Membuang widget tanpa kehilangan setting-nya

Bila Anda ingin membuang widget tanpa kehilangan setting-nya, maka Anda perlu pilih drag and drop ke bagian widget tidak aktif.

Menghapus atau mengirim widget menjadi widget tidak aktif tidak memindahkannya dari daftar widget yang tersedia. Anda bisa selalu tambahkan widget kembali dari daftar widget yang tersedia atau widget tidak aktif.

Widget apa saja yang tersedia untuk WordPress?

Instalasi widget default di WordPress punya beberapa widget built-in seperti postingan terbaru, komentar terbaru, archives, pencarian, dan sebagainya.

Banyak tema dan plugin WordPress punya plugin sendiri. Misalnya, plugin Envira gallery membantu Anda menciptakan galeri gambar yang bagus di postingan dan halaman WordPress. Tapi bisa juga menjadi widget Envira gallery, yang bisa Anda tambahkan ke sidebar untuk menampilkan galeri gambar di WordPress.

Photo credit: Google

Pengguna bisa tambahkan banyak widget di sidebar tanpa perlu menulis kode atau html apapun. Ada ratusan plugin WordPress yang hanya menambahkan widget untuk Anda gunakan di sidebar.

Cara memperluas pilihan widget

Photo credit: Google

Meski widget default pada WordPress sudah memadai untuk banyak situs, beberapa pengguna mungkin membutuhkan pilihan tambahan. Untungnya, tidak sulit untuk menemukan plugin yang akan memperluas koleksi widget.

Misalnya, ada sejumlah plugin yang dengan mudah menambahkan widget baru ke dashboard. Plugin ini antara lain:

  • WordPress Popular Posts: Plugin ini menyediakan widget yang customizable yang menunjukkan postingan yang paling banyak dikunjungi dalam rentang waktu tertentu.
  • Image Widget: Dengan image widget, Anda bisa punya gambar yang lebih fleksibel dibanding pilihan default pada WordPress.
  • Recent Posts Widget With Thumbnails: Merupakan upgrade dari widget postingan terbaru, yang memungkinkan Anda menambahkan gambar thumbnail pada tiap postingan pada daftar.

Plugin yang lebih komprehensif

Bila Anda mencari yang lebih komprehensif, Anda bisa selalu temukan plugin yang merombak seluruh pengalaman widget. Anda bisa coba:

  • SiteOrigin Widgets Bundle: Dengan plugin ini, Anda bisa dapatkan koleksi baru widget, seperit widget Slider dan widget Social link.
  • Custom Sidebars: Plugin ini membuat area widget yang ada jadi lebih bisa disesuaikan, seperti ketika Anda bisa menambahkan widget berbeda di halaman yang spesifik.

Apapun yang Anda inginkan dari widget dan sidebar, kemungkinan ada plugin yang bisa membantu. Dengan sedikit usaha, Anda bisa punya area widget yang sesuai dan tepat.

Kesimpulan

Photo credit: Google

Widget merupakan fitur WordPress simpel, tapi jangan pernah meremehkannya. Dengan menggunakan widget, Anda bisa sesuaikan sidebar dengan tanpa pengetahuan desain atau coding.  Selain itu, menambahkannya ke area tema widget sangat simpel, seperti drag dan drop, lalu lakukan pengaturan kecil.

Untuk mulai menggunakan widget WordPress di situs Anda, Anda cukup navigasi ke Appearance → Widgets di dashboard atau akses WordPress customizer. Lalu Anda bisa tarik widget mana saja yang Anda suka ke sidebar atau footer.

Ada banyak pilihan default yang memungkinkan Anda untuk menyertakan teks, bar pencarian, dan banyak lagi. Untuk tambahan fleksibilitas, Anda bisa gunakan plugin seperti WordPress Popular Posts dan  Custom Sidebars

Tinggalkan komentar