fbpx

Cara Menambahkan reCAPTCHA Pada Formulir Komentar WordPress

Apa Anda ingin menambahkan reCAPTCha pada formulir komentar WordPress? Komentar spam bisa di luar kendali pada website WordPress. Spammer menjadi semakin canggih, mereka bisa meluncurkan serangan spam yang massive dengan  sangat mudah.

Akismet, layanan filter spam populer untuk WordPress memblokir sekitar 7,5 juta komentar spam tiap jam. Berurusan dengan komentar spam bisa membuat frustasi, dan beberapa blogger bahkan memilih untuk sepenuhnya menonaktifkan komentar di website mereka.

Daripada mematikan komentar, Anda bisa tambahkan CAPTCHA pada formulir komentar untuk secara praktis menghapus spam.

Di artikel kali ini, kita akan melihat cara mudah menambahkan reCAPTCHA pada formulir komentar di website WordPress Anda.

Apa yang dimaksud Google reCAPTCHA?

ReCAPTCHA adalah formulir mutakhir untuk CAPTCHA, dimana teknologi ini digunakan untuk membedakan antara pengguna robot dan manusia. CAPTCHA adalah singkatan dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart”.

Google mengakuisisi teknologi CAPTCHA di tahun 2009 dan kemudian menamakannya sebagai reCAPTCHA. Teknologi ini membantu pengguna manusia untuk dengan mudah melewati tes ini.

Pada dasarnya, reCAPTCHA menyajikan ke pengguna kotak sederhana yang bisa diklik untuk melewati tes. Bila karena suatu hal, tes tidak valid, maka pengguna akan menerima tantangan untuk mengidentifikasi teks di gambar atau mencocokkan benda di banyak gambar.

Google telah menyediakan reCAPTCHA secara publik, jadi pemilik website bisa menggunakannya di formulir kontak, halaman login, dan formulir komentar untuk menurunkan jumlah spam.

Berikut ini adalah contoh tes reCAPTCHA untuk kebanyakan pengguna:

menambahkan reCAPTCHA
Photo credit: Google

ReCAPTCHA sangat mudah pengaturannya dan tidak sulit menambahkannya ke formulir komentar WordPresss. Mari kita lihat bagaimana cara menambahkan reCAPTCHA pada formulir komentar WordPress melalui langkah instruksinya.

Langkah 1

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin reCAPTCHA di formulir komentar WordPress.

Setelah aktivasi, Anda perlu kunjungi halaman Setting >> reCAPTCHA in Comments untuk konfigurasi pengaturan plugin.

Photo credit: Google

Plugin akan meminta Anda menyediakan kunci Google reCAPTCHA API. Anda bisa ciptakan kunci ini secara gratis dari website resmi reCAPTCHA.

Langkah 2: Registrasi website untuk mendapat kunci reCAPTCHA API

Plugin membutuhkan dua kunci Google API checkbox untuk formulir komentar Anda. Untuk mendapat kunci API, Anda perlu menuju website Google reCAPTCHA dan klik pada tombol Admin Console yang ada di sudut kanan atas layar.

Anda akan diminta untuk sign in dengan akun Google. Setelah itu, Anda akan melihat halaman Register a new site dimana Anda perlu menyediakan beberapa informasi dasar untuk registrasi situs.

Pertama, Anda perlu mengetik nama website atau nama yang Anda pilih di bidang Label. Ini akan membantu Anda dengan mudah mengidentifikasi situs di waktu yang akan datang.

Photo credit: Google

Selanjutnya Anda perlu memilih tombol reCAPTCHA V2. Langkah ini akan membuka 3 pilihan baru. Karena Anda ingin menambahkan kotak reCAPTCHA pada situs, Anda perlu memilih pilihan “I’m not a robot checkbox”.

Domain textbox membantu Anda menambahkan nama domain situs dimana Anda akan menambahkan kotak reCAPTCHA.

Anda bisa juga menambahkan banyak domain atau subdomain dengan mengklik ikon +. Ini akan membantu Anda menggunakan kunci API yang sama pada website berbeda.

Di bawah Owners, Google akan menambahkan alamat email Anda. Anda bisa juga menambahkan email lain bila Anda menginginkannya.

Selanjutnya, Anda perlu menerima syarat dan ketentuan untuk menggunakan Google reCAPTCHA pada situs Anda. Selain itu, pilih kotak “Send alerts to owners” untuk membantu Google mengirim email ke Anda bila mereka mendeteksi konfigurasi yang salah atau aktivitas yang mencurigakan.

Setelah Anda mengisi formulir, Anda bisa klik tombol Submit untuk mendaftarkan situs.

Google reCAPTCHA sekarang akan menunjukkan pesan berhasil bersama dengan kunci situs dan kunci rahasia pada halaman ini.

Anda sekarang bisa menggunakan kunci API ini di pengaturan plugin pada website.

Langkah 3: menambahkan reCAPTCHA pada formulir komentar WordPress

Anda perlu menuju Setting >> reCAPTCHA in Comments dari sidebar kiri di admin panel. Pada halaman pengaturan, Anda perlu menggulung ke bawah untuk menempelkan kunci situs dan kunci rahasia.

Setelah selesai, klik pada tombol “Save your Google reCAPTCHA API Keys pair” untuk menyimpan kunci API.

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan reCAPTCHA dengan mengklik tombolnya dan lalu mengklik Save Changes. Anda bisa juga lakukan penyesuaian dasar dengan mengklik pada pilihan  reCAPTCHA Customizer.

Di sini Anda bisa lakukan perubahan pada style, ukuran, dan penyesuaian pada reCAPTCHA checkbox.

Plugin ini juga memiliki pengaturan antispam yang membantu Anda memutuskan apa yang perlu dilakukan ketika plugin mendeteksi komentar yang mencurigakan atau masalah keamanan.

Sekarang Anda telah berhasil menambahkan reCAPTCHA pada formulir komentar WordPress Anda. Anda sekarang bisa mengecek bagian komentar pada postingan blog untuk memastikan apakah sudah bekerja dengan semestinya.

Yang perlu diingat, kotak reCAPTCHA akan muncul hanya pada pengguna yang log out, jadi Anda perlu log out atau membuka website dari jendela Incognito browser untuk melihat reCAPTCHA.

Semoga artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan reCAPTCHA pada formulir komentar WordPress di website Anda.

Tinggalkan komentar