fbpx

Cara Menggunakan Aplikasi WordPress Pada iPhone, iPad dan Android

Tahukah Anda kalau hampir setengah dari traffic website berasal dari perangkat mobile? Orang tidak hanya browsing web di perangkat mobile, mereka juga menciptakan konten menggunakan aplikasi mobile dari platform seperti WordPress, Facebook dan situs media lainnya.

Selama lebih dari bertahun-tahun, aplikasi mobile WordPress telah menunjukkan peningkatan signifikan untuk membantu Anda dengan mudah menerbitkan konten dan mengatur website menggunakan perangkat mobile. Aplikasi WordPress sudah tersedia baik untuk perangkat Android maupun iOS.

Di artikel ini, kita akan mencari tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi WordPress pada iPhone, iPad, Android, dan perangkat mobile lainnya.

Kenapa menggunakan aplikasi WordPress pada iPhone dan iPad?

Aplikasi WordPress membantu Anda menciptakan konten dan mengatur website dari mana saja Anda berada, khususnya ketika Anda bepergian.

Photo credit: Google

Anda bisa mengambil dan mengupload gambar, merekam dan mengupload video, menulis postingan blog sambil naik kereta atau bus, berjalan-jalan, atau saat berkumpul bersama teman. Anda bisa membawa situs WordPress di saku Anda.

Secara default, admin area WordPress sangat responsif dan bekerja dengan baik di browser mobile. Tapi user interface ini tidak optimal untuk penggunaan mobile.

Sebaliknya, aplikasi WordPress didesain untuk sangat responsif, teroptimasi, dan mudah digunakan. Aplikasi WordPress memiliki user interface yang intuitif yang membuat menggunakan WordPress jadi menyenangkan.

Menulis tanpa keyboard fisik bisa jadi masalah bagi kebanyakan blogger. Aplikasi ini menggabungkan sentuhan perangkat keyboard dengan tombol format WordPress, membuat simpel dan mudah menulis postingan dengan sentuhan pada perangkat.

Apa yang Anda butuhkan untuk menggunakan aplikasi mobile WordPress?

Tidak seperti aplikasi mobile lainnya, Anda membutuhkan website WordPress atau blog WordPress sebelum mulaia menggunakan aplikasi WordPress.

Aplikasi WordPress bisa digunakan untuk platform WordPress self hosted maupun WordPress.com menggunakan layanan hosting.

Pengaturan website untuk aplikasi mobile WordPress

Anda akan membutuhkan hal berikut untuk menghubungkan website ke aplikasi WordPress:

  • Plugin JetPack pada website
  • Akun gratis WordPress.com.

Mari kita mulai.

Pertama Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin JetPack pada website. Setelah aktivasi, Anda perlu klik pada tombol setup untuk melanjutkan.

Photo credit: Google

Selanjutnya Anda akan diminta untuk sign in dengan akun WordPress. Bila Anda sudah memilikinya, maka Anda bisa lanjutkan dan sign in. Jika tidak, Anda bisa lanjutkan sign up untuk mendapat akun gratis. Selama proses ini website WordPress self hosted akan terhubung ke layanan JetPack melalui akun WordPress.com gratis.

Setelah selesai, Anda sekarang siap untuk mulai menggunakan aplikasi WordPress pada perangkat mobile.

Pengaturan aplikasi WordPress pada perangkat mobile

Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WordPress pada perangkat Anda. Aplikasi ini tersedia untuk android, iOS (iPhone dan iPad), Windows, MacOs, dan Linux.

Photo credit: Google

Selanjutnya, Anda perlu membuka aplikasi dan sign in ke akun WordPress.com. Setelah itu, aplikasi akan menghubungkan informasi website Anda.

Anda bisa klik pada tombol continue untuk pindah dan melihat dashboard aplikasi. Ini adalah dimana Anda akan mengatur situs WordPress menggunakan aplikasi mobile.

Mengedit postingan blog dengan aplikasi WordPress

Aplikasi WordPress dengan user interface yang intuitif memudahkan Anda menciptakan atau mengedit postingan blog dan halaman di website Anda.

Photo credit: Google

Anda bisa melihat semua postingan dengan mengklik pada menu postingan blog dari dashboard aplikasi. Langkah ini akan menunjukkan daftar postingan blog terbaru.

Anda bisa mengedit postingan blog atau memilih tombol Add new untuk menciptakan postingan blog baru.

Langkah ini akan memunculkan konten editor WordPress. Dari sini, Anda bisa menulis postingan baru menggunakan keyboard handphone yang akan memiliki toolbar formatting di bagian bawah.

Anda bisa mengklik pada tombol “Add” untuk menambahkan gambar pada postingan blog. Aplikasi akan membantu Anda mengupload gambar dari perangkat Anda, menggunakan kamera handphone, atau mengambil gambar dari media library WordPress.

Aplikasi juga membantu Anda mengubah pilihan postingan lain. Untuk mengakses pilihan ini, ketuk menu titik tiga pada sudut kanan atas layar edit dan pilih “Post settings”.

Ini akan membawa Anda ke menu postingan. Dari sini, Anda bisa tambahkan kategori dan tags, gambar unggulan, mengubah status postingan, dan pilihan lain.

Aplikasi WordPress memiliki fitur autosave yang menyimpan postingan secara lokal pada perangkat Anda. Setelah Anda selesai mengedit postingan blog, cukup klik pada tombol publish atau update pada sudut kanan atas.

Aplikasi akan mengupload postingan pada website. Anda bisa kunjungi website di browser untuk melihatnya.

Beralih ke block editor baru di aplikasi WordPress

Aplikasi juga mencakup block editor WordPress baru, tapi tidak aktif secara default. Untuk bisa menggunakan editor baru pada aplikasi, Anda perlu ketuk ikon profil di bagian bawah dan lalu memilih App Settings.

Photo credit: Google

Ini akan membuka menu app setting dimana Anda bisa mengaktifkan block editor. Anda sekarang bisa menciptakan postingan WordPress di aplikasi menggunakan block editor yang sama yang Anda gunakan di desktop. Tapi jumlah block yang tersedia pada aplikasi sangat terbatas untuk saat ini.

Mengupload dan mengatur file media menggunakan aplikasi WordPress

Aplikasi WordPress membantu Anda dengan mudah mengatur dan mengupload foto atau video dari handphone. Anda bisa mengupload media sambil menulis postingan, atau Anda bisa secara langsung meluncurkan media library dari aplikasi dashboard.

Photo credit: Google

Langkah ini akan meluncurkan media library WordPress, dan Anda bisa melihat semua file media pada library Anda. Anda bisa mengedit file media, menghapusnya, dan bahkan mengupload foto dan video baru dari handphone menggunakan tombol Add.

Mengatur komentar menggunakan aplikasi WordPress

Photo credit: Google

Komentar membantu meningkatkan user engagement dan membangun komunitas pada blog WordPress. Aplikasi WordPress mempermudah moderasi komentar. Anda bisa melihat semua komentar  yang menunggu moderasi dan persetujuan. Anda bisa klik pada komentar untuk melihat pilihannya. Ini akan membantu Anda mengedit komentar, menyetujui atau menolak, menandai sebagai spam,  atau menambahkan jawaban.

Melakukan tugas admin melalui aplikasi WordPress

Aplikasi WordPress memiliki pilihan terbatas untuk mengatur tugas administratif pada situs WordPress melalui aplikasi. Aplikasi WordPress memungkinkan Anda memodifikasi beberapa pengaturan situs dari tab Setting. Setting ini mirip dengan pengaturan yang Anda lihat di admin area WordPress.

Photo credit: Google

Anda bisa mengubah judul situs, tagline, kategori default, zona waktu dan pilihan lain. Tapi Anda tidak bisa melihat pengaturan halaman yang dibuat oleh plugin WordPress Anda.

Aplikasi WordPress membantu Anda mengatur dan bahkan menginstal plugin dari plugin directory WordPress.rog. Tapi Anda tidak bisa menggunakan plugin ini di dalam aplikasi atau mengakses pengaturannya. Fitur ini bermanfaat ketika Anda perlu mengaktifkan atau menonaktifkan plugin ketika Anda tidak menggunakan komputer.

Hal yang sama berlaku pada tema. Aplikasi ini membantu Anda berpindah antara tema yang diinstal pada situs WordPress, tapi Anda tidak bisa menginstal tema baru dari aplikasi atau melakukan pengaturannya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar