fbpx

Panduan Menonaktifkan Komentar di WordPress

Anda ingin tahu bagaimana cara mematikan komentar di WordPress? Meski komentar jadi cara bagus untuk berinteraksi dengan pengunjung situs, beberapa pemilik website tidak menginginkan komentar di situs mereka.

Di WordPress, Anda bisa menonaktifkan komentar di postingan atau halaman tertentu, atau sepenuhnya menghilangkan komentar di seluruh website.

Di artikel kali ini, kita akan mencari tahu langkah-langkah dalam menonaktifkan komentar di WordPress.

Kenapa menonaktifkan komentar di WordPress?

Banyak pemilik bisnis kecil menggunakan WordPress untuk menciptakan website. Website bisnis ini sering kali tidak memiliki bagian blog dan kebanyakan memiliki halaman statis seperti layanan, kontak dan sebagainya. Di kasus seperti ini, tidak masuk akal jika membolehkan komentar.

Di kasus lain, blogger bisa mempublikasikan postingan tertentu seperti pengumuman yang tidak membutuhkan komentar. Di kasus seperti ini, Anda bisa dengan mudah menonaktifkan komentar di halaman atau postingan tertentu.

Skenario yang lain adalah beberapa blog bisnis memilih menonaktifkan komentar sepenuhnya untuk mencegah spam. Meski Anda bisa selalu menggunakan teknik perlindungan spam,menonaktifkan bagian komentar bisa menjadi solusi.

Apapun alasan Anda, Anda bisa menonaktifkan komentar dan bahkan menghilangkan bagian komentar dari situs WordPress Anda.

Menonaktifkan komentar di postingan mendatang

Bila Anda baru memulai situs WordPress, Anda bisa dengan mudah menghentikan komentar di postingan mendatang. Untuk melakukan ini, masuk ke Setting >> Discussion dari sidebar kiri admin panel website Anda. Di halaman ini, Anda perlu menghilangkan centang pada pilihan “Allow people to post comments on new articles” dan lalu klik pada tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Photo credit: Google

Langkah ini akan menonaktifkan komentar di semua postingan mendatang. Tapi bila Anda ingin membolehkan atau tidak membolehkan komentar di postingan tertentu, maka Anda masih bisa melakukannya tanpa mengubah pengaturan ini.

Menonaktifkan komentar di halaman atau postingan tertentu

Secara default, komentar dimatikan di semua halaman Anda. Tapi WordPress memberi Anda kebebasan untuk mengaktifkan atau mematikan komentar pada halaman atau postingan tertentu.

Anda bisa menuju Pages >> All Pages dari sidebar kiri. Di halaman selanjutnya, Anda perlu menempatkan kursor mouse pada judul halaman yang Anda ingin aktifkan atau nonaktifkan komentarnya dan klik Edit link.

Photo credit: Google

Pada sudut kanan atas halaman, Anda akan melihat ikon 3 titik vertikal. Anda perlu klik pada ikon ini untuk membuka menu dropdown dan klik Options.

Photo credit: Google

Ini akan membuka kotak popup dan Anda perlu pastikan kotak Discussion aktif. Setelah menutup kotak modal ini, Anda akan melihat meta box Discussion di sisi kanan editor Anda.

Bila Anda tidak melihatnya, maka pastikan Anda mengklik tab Document untuk melihatnya.

Photo credit: Google

Sekarang Anda bisa menghilangkan centang pada kotak Allow Comments untuk menonaktifkan komentar di halaman ini dan klik pada Update untuk menyimpan perubahan.

Sebaliknya, bila Anda ingin memilih mengaktifkan komentar, maka Anda cukup centang kotak untuk mengaktifkannya untuk halaman tertentu.

Anda bisa ikuti proses yang sama untuk mematikan komentar di postingan tertentu atau jenis postingan custom lainnya.

Menonaktifkan komentar di halaman dan postingan secara menyeluruh

Anda ingin menonaktifkan komentar di semua postingan atau halaman yang telah terbit tanpa melakukannya satu per satu? Anda bisa lakukan ini tanpa menggunakan plugin.

Pertama, masuk ke Posts >> All Posts untuk melihat semua artikel Anda.

Photo credit: Google

Selanjutnya, pilih semua postingan, pilih Edit from the Bulk Action pada kotak dropdown, dan klik Apply.

Anda akan bisa melakukan tindakan menyeluruh termasuk mengubah nama penulis dan mematikan komentar untuk semua postingan yang dipilih.

Pilih Do not allow dari kotak dropdown komentar dan klik Update. Ini akan menonaktifkan komentar di semua postingan yang dipilih.

Photo credit: Google

Anda bisa ikuti proses yang sama untuk mematikan komentar di halaman.

Menghapus semua komentar WordPress

Meski metode di atas akan menonaktifkan komentar di postingan dan halaman, ini tidak akan menghilangkan komentar yang ada di situs WordPress Anda.

Untuk menghapus semua komentar dari situs, klik Comments dari sidebar kiri admin panel Anda.

Photo credit: Google

Selanjutnya pilih semua komentar, pilih Move to Trash dari kotak dropdown Bulk Action dan klik Apply. Ini akan menghapus semua komentar yang ada dari situs Anda.

Bila website punya banyak komentar, maka Anda harus mengulangi langkah ini beberapa kali.

Menonaktifkan komentar di media

Bila Anda mencari cara untuk menonaktifkan komentar dari halaman media, maka ada dua cara untuk melakukannya. Anda bisa secara manual menonaktifkan komentar di file media attachment dengan mengikuti metode yang telah kita bahas di atas tapi ini bisa sangat memakan waktu.

Cara yang lebih mudah menonaktifkan komentar di semua media attachment adalah dengan menggunakan code snippet.

Cukup tempelkan kode berikut di file theme’s functions.php atau plugin site-specific.

function filter_media_comment_status( $open, $post_id ) {$post = get_post( $post_id );
if( $post->post_type == 'attachment' ) {return false;
}
return $open;
}
add_filter( 'comments_open', 'filter_media_comment_status',
10 , 2 );

Menonaktifkan komentar WordPress dengan mudah menggunakan plugin

Bila Anda tidak ingin menonaktifkan komentar secara manual, maka Anda bisa menggunakan plugin Disable Comment untuk melakukan tugas ini dengan satu kali klik saja.

Plugin ini membantu Anda sepenuhnya menonaktifkan komentar di mana saja di situs WordPress Anda. Anda bisa juga menonaktifkannya pada jenis postingan spesifik seperti halaman, media, dan lainnya. Plugin ini juga bisa menghilangkan komentar dan berhenti menampilkan komentar yang ada.

Photo credit: Google

Pertama Anda perlu menginstal dan aktifkan plugin Disable Comment. Setelah mengaktifkan plugin, masuk ke Settings >> Disable Comments dari sidebar kiri admin panel Anda.

Memilih pilihan pertama membuat Anda bisa menonaktifkan komentar di situs WordPress. Plugin akan juga menghilangkan menu item komentar dari admin area WordPress Anda.

Photo credit: Google

Dengan menggunakan pilihan kedua, Anda bisa memilih menonaktifkan komentar di postingan, halaman atau media.

Bila Anda menghilangkan komentar hanya dari media attachment, maka Anda bisa pilih tombol On certain post types dan lalu centang di kotak Media.

Anda bisa lakukan hal yang sama bila hanya ingin mematikan komentar di halaman WordPress. Menggunakan plugin adalah cara paling mudah menonaktifkan komentar di halaman WordPress.

Setelah selesai, jangan lupa mengklik Save Changes untuk menyelesaikan proses ini.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar