Panduan SEO WordPress untuk Pemula

Meningkatkan SEO WordPress penting untuk mendapat lebih banyak traffic ke website Anda. Tapi kebanyakan panduan SEO WordPress terlalu teknis bagi pengguna baru. Bila Anda ingin meningkatkan traffic website, maka Anda perlu perhatikan praktik SEO WordPress terbaik.

Anda mungkin pernah mendengar para ahli mengatakan kalau WordPress itu SEO friendly. Ini yang jadi penyebab banyak orang memilih WordPress untuk memulai blog atau website. Meski WordPress memastikan kode yang dihasilkan mengikuti praktik SEO terbaik, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan bila Anda ingin memaksimalkan usaha SEO Anda.

Apa yang dimaksud SEO?

Photo credit: Google

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan strategi yang digunakan oleh pemilik website untuk mendapat lebih banyak traffic dengan memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian.

Search engine optimization bukan tentang sistem permainan atau menipu Google. Tapi SEO adalah menciptakan website yang punya kode optimasi dan format yang membuatnya mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari.

Ketika orang mencari website tentang topik yang Anda tulis, konten yang teroptimasi akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian dan Anda akan mendapat lebih banyak klik ke website Anda.

Kenapa SEO dianggap penting?

Photo credit: Google

Mesin pencari sering jadi sumber traffic terbesar untuk kebanyakan website. Google dan mesin pencari lain menggunakan algoritma tingkat advance untuk memahami dan memberi peringkat halaman di hasil pencarian. Tapi algoritma ini tidak sempurna, masih dibutuhkan bantuan Anda untuk memahami apa isi konten Anda.

Bila konten Anda tidak teroptimasi, maka mesin pencari tidak tahu bagaimana memberinya peringkat. Ketika orang mencari topik yang Anda tulis, website Anda tidak akan muncul di hasil pencarian, dan Anda kehilangan kesempatan untuk mendapat traffic yang banyak itu.

Ini sangat penting untuk semua pemilik bisnis untuk memudahkan website jadi SEO friendly agar bisa memaksimalkan traffic dari pencarian.

Ada sejumlah langkah yang bisa Anda ambil untuk dengan baik mengoptimalkan SEO WordPress:

Memeriksa pengaturan visibilitas situs

WordPress dilengkapi dengan pilihan built-in untuk menyembunyikan website dari mesin pencari. Tujuan pilihan ini untuk memberi Anda waktu mengerjakan website sebelum siap muncul  ke publik.

Tapi, kadang pilihan ini membuat website Anda tidak tersedia bagi mesin pencari. Bila website Anda tidak muncul di hasil pencarian, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan pilihannya tidak dicentang.

Anda bisa ke admin area dari situs WordPress dan masuk ke setting > reading.

Photo credit: Google

Anda perlu ke bagian bawah ke bagian “Search Engine Visibility” dan pastikan kotak di sebelah “Discourage search engines from indexing this site” tidak dicentang.

Jangan lupa klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan ini.

Baca artikel lainnya tentang WordPress.com vs WordPress.org.

Menggunakan struktur URL yang SEO friendly di WordPress

URL yang SEO friendly mengandung kata yang dengan jelas menjelaskan konten sebuah halaman, dan mudah dibaca baik oleh manusia maupun mesin pencari.

Beberapa contoh URL yang SEO friendly adalah:

https://www.tutorialwordpresspemula.com/how-to-install-WordPress/

https://www.tutorialwordpresspemula.com/common-WordPress-errors-and-how-to-fix-them/

Perhatikan, URL ini bisa dibaca dan pengguna bisa menebak apa yang mereka akan lihat di halaman dengan hanya melihat teks URL.

Lalu, seperti apa URL yang tidak SEO friendly?

Berikut beberapa contohnya:

https://www.wpbeginner.com/?p=10467

http://example.com/archives/123

Perhatikan, URL di atas menggunakan angka yang tidak berhubungan dengan konten, dan pengguna tidak bisa menebak apa yang akan mereka temukan di halaman website dengan melihat URL ini.

Menggunakan struktur permalink yang ramah SEO meningkatkan kemungkinan mendapat posisi lebih baik di hasil pencarian.

Berikut ini cara Anda bisa mengecek dan update struktur permalink situs WordPress Anda.

Anda bisa kunjungi halaman Settings » Permalinks. Pilih pilihan post name dan klik tombol “save changes” untuk menyimpan pengaturan Anda.

Photo credit: Google

Bila website Anda telah berjalan selama lebih dari 6 bulan, maka jangan ubah struktur permalink, kecuali Anda menggunakan pilihan angka. Bila Anda menggunakan hari dan nama atau bulan dan nama, terus gunakan itu.

Dengan mengubah struktur permalink di situs yang sudah ada, Anda akan kehilangan jumlah social media share dan mengalami risiko kehilangan peringkat SEO yang sudah ada.

Bila Anda harus mengubah struktur permalink, maka gunakan jasa profesional, jadi mereka bisa melakukan pengaturan yang tepat. Anda masih tetap akan kehilangan jumlah social media share di halaman tersebut.

WWW atau non-WWW?

Bila Anda baru memulai website, maka Anda perlu menentukan apakah ingin menggunakan www (http://www.contoh.com) atau non-www (http://contoh.com) di situs URL Anda. Mesin pencari menganggap ini dua website berbeda, jadi ini berarti Anda perlu memilih satu dan terus menggunakannya.

Anda bisa atur pilihan dengan mengunjungi halaman Settings » General. Tambahkan pilihan URL baik di bagian WordPress Address’ dan ‘Site Address’.

Photo credit: Google

Plugin WordPress SEO terbaik

Salah satu bagian terbaik dari WordPress adalah ada plugin untuk apa saja, tanpa terkecuali untuk SEO. Ada ribuan plugin WordPress SEO yang membuat para pemula lebih sulit memilih yang mana plugin WordPress SEO terbaik.

Daripada menginstal plugin sendiri-sendiri untuk tugas SEO satu  per satu, Anda bisa pilih plugin WordPress SEO yang bisa melakukan semuanya dan 100 persen gratis.

Photo credit: Google

Ketika memilih plugin WordPress SEO terbaik, Anda kemungkinan mempersempit pilihan menjadi dua pilihan populer, yaitu Yoast SEO atau All in One SEO Pack. Keduanya solusi yang efektif. Tapi sebagai pemula Anda bisa gunakan Yoast SEO.

Mengoptimasi postingan blog untuk SEO

Photo credit: Google

Sering kali pemula melakukan kesalahan dengan berpikir kalau menginstal dan mengaktifkan plugin WordPress SEO saja sudah cukup. SEO adalah proses berkelanjutan yang perlu dijaga bila Anda ingin melihat hasil maksimalnya.

Yoast SEO memungkinkan Anda menambahkan judul, deskripsi, dan fokus kata kunci pada tiap postingan blog dan halaman. Yoast SEO juga menunjukkan tampilan yang pengguna lihat ketika mereka Google website Anda.

Anda sebaiknya memaksimalkan judul dan deskripsi untuk mendapat jumlah klik maksimal.

Ketika menulis postingan blog, cukup ke arah bawah untuk ke bagian Yoast SEO dan memanfaatkannya.

Tinggalkan komentar